Melirik Potensi Produk Kain Perca

Kalau jumlahnya sedikit, termasuk dalam limbah. Tapi bila dikumpulkan, bisa menjadi berkah. Itulah kain perca. Produk pernak-pernik dari kain perca sangat digemari, tak hanya oleh pasar domestik tapi juga asing. Sebut saja boneka, tas, selimut, baju, gantungan kunci, seprai, bed cover, sarung bantal, dompet, sepatu dan produk kreatif lainnya. Semuanya mampu mencuri perhatian konsumen dan datangkan omzet bagi produsennya.

kain-percaMeraup rejeki dari kain perca terbilang mudah dilaksanakan, minim modal dan bisa diterapkan dalam skala rumah tangga. Bila Anda memiliki hobi menjahit, peluang bisnis ini patut dikembangkan. Selain bersifat ramah lingkungan, mengolah kain perca menjadi produk yang layak jual juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi sesama di sekitar Anda.

Bagi yang tertarik menekuni bisnis handmade sisa potongan kain ini, raup labanya melalui tiga strategi berikut.

Pameran

  1. Cari komunitas penjual produk kain perca dan aktiflah dalam beragam pameran yang diadakan pemerintah, swasta atau perbankan untuk menjaring pembeli dan agen.
  2. Berinteraksilah dengan pengunjung pameran untuk memberi tahu keunggulan produk Anda dibanding kompetitor serta informasikan pula teknik menjahit yang khas Anda lakukan dalam menghasilkan produk untuk memikat konsumen.
  3. Biasakan untuk menciptakan produk unik agar konsumen mengetahui daya kreativitas Anda yang sangat tinggi. Misal membuat batik kain perca dan lain sebagainya.

Online

  1. Foto produk-produk unggulan Anda dan upload ke jejaring sosial atau media sosial lainnya. Cantumkan informasi mengenai jenis kain, ukuran, teknik menjahit dan teknik perawatan produk yang bisa dikatakan lebih unggul dari kompetitor.
  2. Tawarkan promosi yang menarik agar konsumen atau agen mau membeli. Misalkan diskon, pelatihan membuat pola produk kain perca yang trendi, dsb.
  3. Jawab surat elektronik dari khalayak yang menanyakan produk Anda secepat dan sejelas mungkin dengan gaya bahasa yang ramah agar khalayak merasa terkoneksi dengan Anda secara psikologis. Penuhi permintaan konsumen dengan sigap dan segera kirim produk yang mereka minta dengan packaging yang menarik.

Pencitraan

  1. Buat kartu nama dengan background yang diambil dari salah satu pola produk kain perca Anda. Selain berisi informasi seputar profil usaha yaitu nama, alamat, nomor telepon, alamat surat elektronik cantumkan pula pesan marketing seperti “Produk Kain Perca Asli Indonesia”, atau “Produk Kain Perca Berkualitas Ekspor”, dll.
  2. Buat buku katalog produk yang menampilkan produk-produk andalan yang laris manis di pasaran. Bawalah buku katalog ini kemanapun Anda pergi agar bisa diperlihatkan kepada masyarakat luas.
  3. Biasakan untuk menggunakan produk Anda bila bepergian. Cara ini bisa menjadi strategi promosi berjalan yang cukup efektif. Bila Anda melihat gelagat ketertarikan masyarakat akan produk ciptaan Anda segeralah raih kesempatan emas itu untuk mendatangkan laba.

Sumber: Ciputraentrepreuneurship.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s