Membangun Clothing Line dengan Modal Terbatas

IlustrasiBila mencintai fashion, Anda bisa mulai membangun clothing line milik sendiri. Jangan biarkan kekurangan dana menghambat langkah Anda untuk meraih mimpi. Bekali perjalanan dalam menggapai impian tersebut dengan skill, kerja keras serta passion. Berikut langkah-langkahnya.

Asah skill. Bila mau menjual busana hasil rancangan sendiri, tentunya Anda harus sudah akrab dengan jarum dan benang. Demi efisiensi, Anda mungkin ingin merekrut pekerja, baik itu pekerja lepas atau tetap, untuk membantu proses produksi. Bukan masalah, jika Anda memiliki cukup budget. Tapi bagaimana bila modalnya sangat terbatas? Satu-satunya cara adalah mengasah ketrampilan menjahit, yakni mulai dari merancang desain busana, membuat pola hingga finishing atau memasang aksesoris busana.

Tetapkan gaya rancangan. Desain merupakan faktor esensial dalam dunia fashion. Tetapkan pangsa pasar yang ingin Anda bidik dan sesuaikan karakteristik pasar dengan gaya rancangan Anda. Pastikan miliki ciri khas di setiap gaya rancangan Anda agar terlihat berbeda dengan kompetitor dan bisa lolos dari ketatnya persaingan bisnis.

Siapkan perlengkapan. Bila memang serius ingin menciptakan clothing line sendiri untuk dipasarkan, Anda harus memiliki sejumlah perlengkapan dasar yang memadai seperti mesin jahit, benang, jarum, alat obras dan sebagainya. Jika tak mempunyai modal uang, Anda bisa membelinya dengan cara mencicil. Jadi, smebari mencicil, Anda bisa produktif menghasilkan produk yang bisa dijual dan hasilnya dipakai untuk melunasi cicilan tersebut.

Promosikan melalui saudara atau teman dekat. Bila tak mempunyai anggaran untuk mempromosikan clothing line Anda, gunakan strategi word of mouth atau dari mulut-ke-mulut. Anda bisa memulainya dengan merancang busana untuk orang-orang yang Anda kenal dengan baik, seperti saudara, tetangga atau teman dekat. Melalui strategi ini, produk Anda akan menjual dengan sendirinya. Karena itu pastikan semua karya yang Anda ciptakan itu unik dan berkualitas.

Sebagai permulaan dan perkenalan produk, jangan lantas memasang harga tinggi. Bila sudah menerima banyak order dan miliki sejumlah pelanggan, Anda bisa secara pelan-pelan menaikkan harga produk yang disesuaikan dengan tingkat kerumitan proses produksinya.

Jual secara online. Menurut pendapat sebagian besar pebisnis, memasarkan produk secara online sangat efektif dan efisien. Selain lebih murah, Anda juga dapat memperluas jaringan dengan lebih cepat.

Sumber: Ciputraentrepreuneurship.com

4 thoughts on “Membangun Clothing Line dengan Modal Terbatas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s