7 Tren dalam Bisnis Kecil yang Tak Bisa Dianggap Remeh

small-biz

Pernahkah Anda menemui seorang pengusaha yang sehari-hari bekerja dengan metode seolah sekarang adalah tahun 1990-an? Pelanggan mereka sedikit demi sedikit beralih ke pesaing yang lebih mudah dihubungi kapan saja melalui internet sementara ia memiliki situs bisnis pun tidak. Komputer yang ia gunakan juga sudah ketinggalan jaman. Produknya usang dan tak relevan dengan kebutuhan konsumen jaman sekarang. Tak heran, bisnisnya mengalami kemunduran.

Meski Anda bisa jadi tidak banyak menemukan orang seperti ini, bisa jadi ini masih banyak ditemui di luar lingkungan Anda. Pengusaha semacam ini mungkin masih bisa bertahan tetapi untuk berkembang bisa dipastikan mereka akan kesulitan.Pastikan hal itu tidak menimpa Anda. Anda sebagai entrepreneur inovatif harus menyadari bahwa bisnis harus dinamis dan mengikuti perkembangan terkini. Kekuatan luar dan teknologi baru sellau mempengaruhi apa yang terjadi dalam bisnis Anda, baik kecil, sedang atau besar sekalipun. Anda tak perlu merespon tren bisnis yang hanya berlangsung sesaat tetapi maksudnya ialah agar Anda tidak bersembunyi saat dunia dan seisinya berubah. Anda dan bisnis Anda harus beradaptasi.

Terdapat 7 tren yang sedang terjadi sekarang yang tak bisa Anda anggap remeh sebagaimana dilansir dari usatoday.com:

Cloud
Meskipun jejaring sosial dan teknologi mobile terus disorot dan diminati, pembuat perubahan untuk bisnis kecil ialah cloud. Aplikasi berbasis internet untuk menjalankan bisnis lebih diminati sekarang, daripada harus menginstal aplikasi di server atau hard drive. Namun bermigrasi ke cloud memerlukan tahapan. Anda tak perlu pusing memikirkan server yang sedang down. Fungsionalitas lebih baik. Kita bisa lebih fokus pada usaha, bukan melulu infrastruktur. Anda juga bisa akses aplikasi dan data dari mana saja, asalkan ada sambugan internet.Anda bisa memulai dengan beralih dari manajemen kontak pelanggan, email marketing dan penyimpanan dokumen.

Jejaring sosial
Jejaring sosial sedang naik daun. Dan banyak usaha kecil yang terpesona dengan tren satu ini. Namun mereka agak bingung. Jejarig sosial menawarkan peluang untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen secara real time. Sayangnya belum banyak yang bersedia untuk bersabar dalam membangun reputasi di jejaring sosial karena membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak dan keuntungan investasinya juga tidak bisa dipastikan.

Tahun 2012 akan menjadi saksi akan munculnya lebih banyak lagi alat-alat jejaring sosial yang lebih revolusioner yang memungkinkan orang menjangkau lebih banyak pelanggan. Dan makin banyak bisnis kecil akan terjun dalam berbagai platform jejaring sosial dan Google Plus akan menjadi pemain utama.
Mobile
Tren mobile terus berlanjut hingga tahun ini baik untuk menjalankan bisnis dan menjangkau pelanggan.Bisnis yang cerdas semakin banyak yang akan menggunakan solusi mobile dalam berbagai fungsi bisnisnya. Satu teknologi yang akan banyak meledak di berbagai tempat ialahpenerimaan pembayaran melalui ponsel cerdas dengan alat seperti Square (squareup.com).

Perekrutan pekerja
Angka pengangguran masih relatif tinggi sehingga perekrutan pekerja masih menunjukkan prospek cerah.Usaha kecil juga lebih mungkin untuk mendapatkan pekerja dengan kualitas tinggi namun berbiaya rendah.

Saat perusahaan besar mulai merekrut lagi, usaha kecil harus berjuang. Saat korporasi besar fokus pada lulusan terbaru, usaha kecil bisa mencari mereka yang sudah lulus dan bekerja tetapi masih belum dibayar dengan layak.Kredit
Kredit masih sulit diperoleh bagi usaha kecil. Ini fakta yang sukar diubah, baik di Indonesia atau luar negeri. Namun diperkirakan akan ada perbaikan dari tahun ke tahun dengan meningkatnya kepedulian pemerintah dan elemen masyarakat dalam menggalakkan entrepreneurship. Bagi usaha kecil dengan tingkat ‘kesehatan’ yang baik dan permintaan pelanggan yang kuat, tak diragukan ia akan maju meski modal masih terbatas.Sementara usaha kecil lain yang kurang sehat mesti mencari sumber pendanaan lain.Carilah bank atau lembaga pendanaan yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap usaha kecil.

Anaytics
Salah satu akibat munculnya penerapan cloud ialah bahwa Anda tak hanya bisa mengakses data dengan lebih mudah tetapi juga akan diberikan laporan.

Anda bisa melihat tanggapan secara real time terhadap tindakan yang Anda lakukan. Misalnya dalam perusahaan biasanya dikirim 3 newsletter bulanan. Kita bisa meneliti persisnya berapa jumlah orang yang membukanya, artikel mana yang mereka baca dan produk mana yang paling menarik bagi mereka.Pengetahuan tentang semua itu menjadi senjata bagi Anda untuk memperbaiki strategi masa datang.

Global
Anda mungkin belum merambah skala dunia tetapi suatu saat jika saatnya tepat bisnis Anda juga akan sampai di tingkatan itu. Dengan membawa bisnis kecil ke tingkatan internasional, bisnis kecil Anda sudah tak lagi dipandang remeh.

Berpikirlah di luar kotak dengan berpikir di luar batasan yang sudah Anda miliki dalam mental Anda. (*usatoday.com)

3 thoughts on “7 Tren dalam Bisnis Kecil yang Tak Bisa Dianggap Remeh”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s